Proyek Akhir - Internet of Things Project "SPOTS - Smart Pond Temperature System" - Development


Di postingan kali ini, saya akan menjelaskan progress pengerjaan sistem yang kami buat yaitu Smart Pond Temperature System (SPOTS). SPOTS merupakan sebuah sistem yang mengadopsi konsep Internet of Things atau dapat kita sebut sebagai IoT. Konsep IoT memungkinkan sebuah perangkat untuk dapat melakukan 3 hal sekaligus yaitu sensing, understanding, dan acting terhadap sebuah permasalahan. Dalam sistem yang kami buat, proses sensing adalah ketika sensor suhu membaca suhu bagian atas tambak dan bagian bawah tambak, proses understanding terjadi ketika hasil pembacaan suhu diolah menjadi informasi selisih suhu antara kedua sensor (yang diletakkan di bagian atas dan bagian bawah tambak) serta mengirimkan informasi tersebut ke dalam database, sedangkan proses acting terjadi ketika informasi selisih suhu tadi digunakan oleh sistem untuk mengambil keputusan yaitu memutar turbin yang dipasang di tambak.

Setelah 4 minggu pengerjaan, proyek pengembangan SPOTS telah rampung sekitar 62.5%. Presentase tersebut menggambarkan hal-hal yang sudah dapat dilakukan oleh sistem hingga tulisan ini dibuat. Berikut fungsionalitas yang sudah berhasil diimplementasikan pada SPOTS.

  1. Sistem dapat membaca suhu menggunakan 2 sensor suhu yang terpisah.
  2. Sistem dapat melakukan kalkulasi selisih hasil bacaan suhu dari kedua sensor.
  3. Sistem dapat melakukan pemutaran turbin secara otomatis berdasarkan selisih suhu yang didapat.
  4. Tampak muka dari website sebagai media penyajian data statistik suhu.
  5. Website dapat terhubung dengan Thingspeak (open data IoT platform dengan fitur data analytics yang merupakan produk dari MATLAB).

Masih terdapat 37.5% fungsionalitas sistem yang masih harus diselesaikan. Fungsionalitas sistem tersebut sangat penting dalam sistem yang kami kembangkan karena merupakan inti dari SPOTS. Berikut fungsionalitas sistem yang belum berhasil diimplementasikan pada SPOTS.

  1. Sistem dapat mengirimkan data suhu beserta selisihnya ke database melalui internet.
  2. Sistem dapat mengirimkan data suhu beserta selisihnya ke Thingspeak.
  3. Fungsionalitas website secara utuh.

Kendala utama dari penyelesaian SPOTS adalah modul ESP8826 yang selalu gagal dalam mengirimkan data melalui internet. Bahkan, kami membeli modul ESP8826 yang baru untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kami menggunakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan permasalahan koneksi ESP8826 ini.

Berikut tampilan website yang telah dibuat untuk menampilkan data dari Thingspeak.











Berikut merupakan dokumentasi pengerjaan proyek ini selama 4 minggu terakhir.












Di sisa 2 minggu terakhir, kami akan menyelesaikan seluruh fungsionalitas sistem dan menyempurnakan desain prototipenya. Semoga ke depannya dapat lebih mudah, mohon doanya, ya! Simak terus perkembangan Smart Pond Temperature System kami!


Project Team
18214018 Mahbub Haq Al Farisi
18214030 Rezha Kusuma Astri
18214054 Edvin William Handoko

II3231 - Interaksi Manusia Komputer dan Antarmuka
Diberdayakan oleh Blogger.