Peran Lembaga Berbasis IT dalam Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Peluang Kerja


IT atau bisa juga disebut Teknologi Informasi, adalah suatu teknik yang berguna untuk membantu atau mempermudah manusia dalam mencari, menyimpan, menyampaikan, dan menyebarluaskan informasi kepada sesama dengan cara memanfaatkan sarana berbasis peralatan komunikasi.

Secara sadar maupun tidak, setiap hari manusia selalu memanfaatkan IT. Hampir semua bidang menggunakan IT, tidak terkecuali pekerjaan. Di bidang pekerjaan, IT sangat berguna untuk mencari lowongan kerja, menambah wawasan seputar pekerjaan yang sedang digeluti, dan lain sebagainya. Secara tidak langsung, pemanfaatan IT dapat berpengaruh bagi kehidupan seseorang yang menggunakannya.

Sudah banyak sekali orang yang dapat dikatakan mahir dalam memanfaatkan IT. Mereka menjadikan IT sebagai sarana untuk mempertebal saku mereka. Mereka menggunakan IT untuk meningkatkan kualitas kerja mereka dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai pekerjaan yang mereka geluti, sehingga mereka dapat bekerja dengan profesional dikarenakan ilmu yang telah didapat dari pemanfaatan IT. Mereka juga memanfaatkan IT untuk mencari relasi-relasi bisnis yang dapat bekerjasama dengan mereka secara profesional.

Saat ini, hampir seluruh perusahaan memanfaatkan teknologi informasi ini untuk mencari dan menyeleksi calon-calon pegawai yang dibutuhkan oleh mereka. Perusahaan-perusahaan tersebut pasti mencari dan memprioritaskan pegawai yang dapat bekerja secara profesional sehingga akan dapat membantu menambah profit perusahaan tersebut.

Orang-orang yang dapat memanfaatkan IT dengan baik memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjadi pegawai di perusahaan manapun bila dibandingkan dengan orang-orang yang belum dapat memanfaatkan IT dengan baik. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena orang-orang yang memanfaatkan IT dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan yang cocok bagi mereka melalui internet dan media lainnya.

Bagi mereka yang belum dapat memanfaatkan IT dengan baik, jangan khawatir, dunia belum kiamat. Kita masih bisa mempelajari IT dengan berbagai cara, salah satunya melalui lembaga pendidikan IT. Banyak lembaga-lembaga berbasis IT yang tersebar luas di negara kita tercinta Indonesia ini, seperti Telkom Professional Development Center (Telkom PDC) yang memberikan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja, sehingga kita dapat bersaing dengan mereka yang mampu memanfaatkan IT dengan baik.

Semakin banyak kita mempelajari dan memahami IT, maka semakin banyak pula kesempatan yang kita peroleh untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, dengan mempelajari dan memahami IT, kita juga dapat menyeleksi peluang atau lowongan kerja mana yang memiliki kualitas lebih baik dari segi pekerjaan bahkan segi pendapatan yang dapat kita terima. Dengan demikian, sudah terlihat lembaga berbasis IT sangat berperan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas peluang kerja seseorang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.